Breaking News

Adityarini Napitupulu dan dr.Mikhael Sinaga Akan Gelar Lomba Manortor Naposo se-Kabupaten Subang,Merupakan Puncak Sumpah Pemuda



Subang-QJabar.com : Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-95, akan digelar Perlombaan Manortor Naposo yang bertempat di Hotel Nalendra Plaza pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Lomba Manortor Naposo terbuka bagi seluruh warga perantauan Batak yang ada di wilayah Kabupaten Subang. Para peserta lomba tidak dipungut biaya serta memperebutkan hadiah jutaan rupiah yang disediakan bagi pemenang lomba.

Lomba kali ini dengan membawakan tema “Didia pe ho tubu didia pe ho mian patudu ma na halak batak do ho”, serta sub-tema "Biar kambing di kampung sendiri tapi banteng di perantauan, yang tentunya mempunyai makna/arti dalam bagi Suku Batak di perantauan.

Lomba ini digelar atas inisiasi calon anggota legislatif yang akan maju di pileg 2024. Adityarini Napitupulu untuk DPRD Kabupaten DAPIL Subang 1 (Cibogo, Cijambe, Subang) dan dr. Mikhael Sinaga untuk DPR RI Dapil Subang, Majalengka, Sumedang, keduanya maju dari partai yang berlambang banteng moncong putih, yaitu PDI Perjuangan.

Menurut Adityarini Napitupulu, lomba manortor naposo adalah ajang silaturahmi bagi Suku Batak yang ada di perantauan. Makna dari manortor naposo sendiri adalah tarian bagi kaum muda mudi, dan biasanya sebagai ajang mencari jodoh bagi yang belum berkeluarga, diperuntukan bagi semua marga serta tidak diperbolehkan untuk yang mempunyai ikatan kerabat atau dari satu marga yang dilarang untuk saling menikah.

Sementara ungkap dr. Mikhael Sinaga, semua Suku Batak yang ada dimana saja bisa saling menjaga serta membantu layaknya seperti saudara sendiri, tentunya dalam segala hal harus saling membantu,Pungkasnya.(sut)

Tidak ada komentar