Breaking News

WaBup Sahrul Gunawan , Sudah Menjadi Tanggung Jawab Kita Untuk Melestarikan Budaya Batik

Kabupaten Bandung Qjabar.com


Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang sangat berharga dan sudah menjadi identitas bangsa ini. Pemerintah Indonesia bahkan telah menetapkan satu hari khusus sebagai Hari Batik Nasional, yakni 2 Oktober 2023.

Ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional bukannya tanpa alasan. Penetapan tersebut didasarkan pada tanggal diakuinya batik sebagai warisan budaya takbenda oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) beberapa tahun silam.
Dikatakan Wakil Bupati Bandung setelah melakukan apel bersama jajaran Disperkimtan Bandung H. Sahrul Gunawan, SE, untuk melestarikan batik sudah menjadi tanggung jawab kita, salah satu cara Melestarikan Batik Dimulai dengan yang paling mudah, yaitu mengenakan pakaian batik dalam kegiatan sehari-hari atau saat menghadiri acara formal dan informal, hal ini menjadi salah satu bentuk apresiasi yang nyata terhadap batik.

Seperti batik yang saya kenakan sekarang Batik Kina yang merupakan sudah menjadi icon kabupaten Bandung , dan pada hari ini tanggal 2/10/2023 para ASN yang ada di pemerintahan Kabupaten Bandung diwajibkan mengenakan pakaian Batik pada peringatan hari Batik Nasional. 
Dengan melestarikan budaya Batik agar tidak diambil oleh Negara lain dan diharapkan Batik Kina bisa menjadi brand ambassador bagi kabupaten Bandung yang nantinya bisa menjadi Batik kebangangan bagi warga masyarakat kabupaten Bandung maupun Nasional. 

Selain sebagai pakaian, batik diakui sebagai karya seni dengan nilai estetika, filosofis, dan historis yang tinggi. Hari Batik Nasional memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya mencintai, melestarikan, dan mengembangkan warisan budaya batik sebagai salah satu identitas nasional yang membanggakan. Lebih dari itu, hari batik nasional juga menjadi ajang untuk menunjukkan rasa bangga terhadap batik yang telah menjadi bagian dari warisan budaya Indonesia yang diakui oleh dunia.

Saya sebagai wakil Bupati Bandung akan terus mengsosialisasikan keberadaan Batik Kina yang merupakan Batik khas Kabupaten Bandung, dan diharapkan buat masyarakat kabupaten Bandung untuk bisa melestarikan Batik Kina yang menjadi kebanggaan masyarakat kabupaten Bandung. 



Reporter : Yun.s


Tidak ada komentar