Breaking News

Dewan Kemakmuran Masjid Nurul Iman Memperingati Maulid Nabi Muhamad SAW


Kabupaten Bandung Qjabar.com

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurul Iman mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Nurul Iman kp. Cikambuy tengah RT 01 RW 07 Desa Sangkanhurip Kecamatan Katapang 27/10/2023.

Peringatan Maulid Nabi Muhamad SAW dihadiri para jamaah masjid Nurul Iman, RT, RW, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta masyarakat sekitar, sebagai penceramah pada kegiatan tersebut KH. Didong Kemal Mukti dari pondok pesantren Ashabul Yamin Cigembreng Soreang. 
Maulid Nabi adalah momentum mengenang kembali kelahiran Nabi Muhammad SAW yang menjadi teladan umat Islam. Nabi Muhammad SAW lahir pada 12 Rabiul Awwal pada tahun Gajah atau sekitar tahun 570 Masehi.

Untuk tahun ini, seperti diketahui sebelumnya pada tanggal 18 Juli 2023 lalu umat muslim telah memasuki tahun baru Hijriah, 1 Muharam 1445 Hijriah. Dengan demikian dapat diketahui bahwa tahun Maulid Nabi 2023 yakni 1445 Hijriah.
Peringatan Maulid Nabi dilakukan demi menarik hati masyarakat memeluk agama Islam. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW memiliki makna penting bagi umat Muslim. Sebagai momen untuk meneladani nilai-nilai dan ajaran Rasulullah SAW yang diberikan untuk umatnya dalam menjalani kehidupan ibadah maupun bermuamalah.

Maulid Nabi Muhammad SAW memiliki makna rasa syukur karena beliau telah lahir ke dunia dan menyebarkan suri tauladan yang baik untuk umat Islam. Semasa hidupnya, Rasulullah tidak pernah menyerah untuk menjadi teladan yang baik bagi umatnya.
Makna dan tujuan dari peringatan Maulid Nabi adalah untuk membangkitkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, serta meningkatkan semangat juang kaum muslimin.

Sebagian ulama berpendapat, Maulid Nabi merupakan pengungkapan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

Masyarakat muslim di Indonesia umumnya menyambut Maulid Nabi dengan mengadakan perayaan-perayaan keagamaan seperti pembacaan sholawat nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian.

Menurut Imam Yafi'i yang dikutip dari kitab I'anatut Thalibin, juz III halaman 365, mengatakan bahwa orang yang memperingati Maulid Nabi akan mendapatkan pahala yang besar dan dikumpulkan bersama orang-orang shalih.

وقال الامام اليافعي اليمنى: من جمع لمولد النبي (ص) إخوانا وهيأ طعاما وأخلى مكانا وعمل إحسانا وصار سببا لقراءة مولد الرسول بعثه الله يوم القيامة مع الصديقين والشهداء والصالحين ويكون في جنات النعيم.

Artinya: " Orang yang mengumpulkan saudara-saudara untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW, menyediakan makanan, menyediakan tempat, melakukan kebaikan, serta menjadi sebab dibacanya Maulid Nabi, maka Allah akan membangkitkannya di hari kiamat bersama orang-orang yang shalih dan berada di surga."



Reporter : Yun.s



Tidak ada komentar